In Case of Stay, Coffee, & The Need of Architectural Experiences oleh Ridho #MagangerSae08

Updated: May 11



Hi, there Saya ridhohusaeni, maganger junior arsitek di Studio Sae. Sebelum memasuki rangkaian cerita saya selama belajar bersama di Studio Sae, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada WongSae yang telah membimbing saya selama enam bulan dengan suasana yang sangat menyenangkan.


...background story before internship Menurut saya sebagai seorang mahasiswa arsitektur, magang merupakan sebuah kebutuhan bukan lagi sebuah pilihan. Kebutuhan akan pengalaman kerja untuk mengetahui passion yang nantinya akan menjawab apakah akan berprofesi menjadi arsitek atau tidak. Sebagai mahasiswa dari daerah (Daerah Istimewa Yogyakarta), tentunya merupakan sebuah keputusan besar untuk pertama kalinya meninggalkan kampung halaman yang telah membesarkan saya hingga berusia 21 tahun ini. Namun ini merupakan salah satu proses pendewasaan diri saya dalam menguatkan passion saya untuk mewujudkan cita-cita saya sebagai arsitek.


Tanpa disadari saya telah mengenal salah satu karya Studio Sae saat saya masih duduk di bangku SMA yaitu Heavy Rotation House yang pada saat itu diliput oleh salah satu media televisi swasta nasional. Tidak hanya itu ketika saya telah menjadi mahasiswa arsitektur, Showroom Andalan BSD dan Showroom Mercedes Benz Nusantara menjadi studi presenden studio perancangan arsitektur saat saya berada di semester 3 di akhir tahun 2019. Hingga pada akhirnya, karya Studio Sae yang berkolaborasi dengan Siura Studio yakni Juara 1 Sayembara TMR Ragunan dimana pada saat itu selaras dengan projek merancangan kebun binatang di studio perancangan terakhir saya dan sekaligus memantapkan cita-cita saya untuk magang Studio Sae. Hingga pada suatu ketika intagram Studio Sae mengunggah informasi pembukaan magang di akhir Juli, tentu tanpa pikir panjang langsung saya kirim surat lamaran magang beserta portofolio saya pada hari Senin, 01 Agustus 2021 dan langsung dibalas oleh koordinator magang yaitu Mas Alvin di hari kamis 04 Agustus 2021 untuk lanjut di tahap interview dan mini quiz. Senang sekali kurang dari seminggu saya melamar, saya langsung diterima menjadi Magangers Sae dan langsung merantau ke Bintaro dengan kondisi saya masih sebagai mahasiswa akhir yang harus bijak dalam membagi waktu magang dengan penulisan Proposal Tugas Akhir beserta sidang proposal sebanyak dua kali selama saya magang di Studio Sae.



...about internship experiences Selama magang, banyak hal yang saya lakukan. Kegiatan itu tidak hanya mengerjakan projek-projek arsitektur saja namun juga saya berkesempatan untuk mengikuti sayembara, dan kegiatan-kegiatan sosial Internal Studio Sae. Dalam proses tersebut saya dibimbing oleh seluruh wongsae ; …Mas Alvin dan Mba Indi – beliau selaku koordinator magang yang langsung mendidik magangers dari awal masuk hingga mengulas progress magangers setiap bulannya. …Mas Tomy – beliau adalah Design Director yang membimbing dalam proses berarsitektur dari sisi desain, estetika, proporsi dengan penyampaian yang amat rasional dan lugas. …Mas Bamby – beliau adalah Project Director yang membimbing kami dalam menajamkan kesadaran terkait hal-hal teknis yang sangat detail. …Mba Totty dan Mba Sari – beliau adalah duo wanita hebat yang berada dibalik nama perusahaan, seperti Mba Totty selaku direktur yang memiliki tanggungjawab untuk melanjutkan mimpi-mimpi Alm Mas Ario di Studio Sae beserta Mba Sari yang mengatur segala resource Studio Sae …Mas Adam – senior arsitek yang sudah sejak lama ada di studio sae dan sekaligus mentor dalam mengerjakan projek berskala besar dimana saya paling banyak belajar bersama Mas Adam yang mungkin bisa disebut juga sebagai my human dairy selama magang. …Mas Supar – senior arsitek yang banyak membimbin hal teknis dan agamis, dan beliau adalah orang yang sering mengajak pulang bareng mengingat saya hanya mengandalkan ojek online selama magang. …Mas Cahyo dan Mas Reinhard – duo junior arsitek yang paling banyak bercanda bersama dan paling banyak memberikan insight selama magang dan sayembara serta melihat cara kerja sebagai junior arsitek dengan cara kerja yang sangat impressive.Mba Elsya – gadis yang sangat memberi warna di Studio Sae walaupun tidak setiap hari berjumpa, namun beliau sebagai Graphic Designer sangatlah tangguh dengan perjalanan jarak jauh Bintaro-Bogor. …Mas Santos – salah satu wongsae yang selalu datang paling awal dan beliau adalah draft man yang sangat cepat cara kerjanya dalam membuat gambar kerja. …Mas Robby – orang dengan pembawaan yang ceria yang paling berjasa dalam segala penyuplai kebutuhan sehari-hari terutama kopi sachet yang menjadi idola wongsae.


Selama magang, khususnya dalam hal aristektur banyak sekali kesempatan dan pengalaman dalam ikut serta membantu projek kantor seperti ; hunian, masterplan, bangunan komerisal dari skala kecil hingga skala besar. Terutama sejak bulan kedua hingga di penghujung magang saya diberikan kesempatan untuk membantu projek bersama Mas Bemby dan Mas Adam dimana saya tidak hanya membantu dalam menggambar di kantor, namun juga saya diberikan kesempatan langsung untuk mengikuti proses meeting di luar kantor sehingga saya mengetahui banyak hal teknis dan non teknis dari berbagai perspektif tim Struktur, MEP, hingga bisnis.


Untuk teman-teman Magang yang masih berada di Studio Sae (Rifdah – Naufal – Gichya), semoga setelah magang kalian dapat menggapai mimpi-mimpi kalian and see u on top di dunia arsitekur maupun non-arsitektur.


...conclusion and hope Enam bulan terasa sangat singkat, tanpa disadari sudah 27 minggu saya berada di Bintaro. Suasana Ibukota dengan hiruk pikuk lalu lintas, sosial, dan terutama kopi-kopi yang saya coba di sekitar bintaro maupun di area Jakarta Selatan telah menemani saya setiap minggunya untuk menemani saya menulis Proposal Tugas Akhir dan beberapa projek yang harus saya selesaikan di akhir pekan. Dua kali sidang dengan latar belakang rumah gerbong yang sangat nyentik memberi pengalaman tersendiri bagi saya.

Untuk Studio Sae, terimakasih telah menjadi rumah saya selama enam bulan ini. Segala kebaikan, ilmu, dan pengalaman yang sangat menyenangkan di studio akan menjadi cerita tersendiri dalam hidup saya. Semoga Studio Sae tetap solid dengan tim yang kompak sehingga mampu meneruskan impian serta cita-cita Alm Mas Ario dengan karya-karya yang outstanding nantinya. Amin.




Salam hangat, Muhamad Ridho Husaeni Universitas Teknologi Yogyakarta #MagangerSae08


96 views0 comments