Cerita Akhir Magang oleh Lukas #MagangerSae

Haloo, perkenalkan nama saya Lukas Suryanata, seorang mahasiswa semester 7 yang berkuliah di program studi arsitektur, Universitas Kristen Petra Surabaya. Pada semester ini sebenarnya tidak ada kewajiban bagi saya untuk melakukan program magang, namun saya ingin memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada pada semester 7 ini dengan mengisinya lewat mengikuti program magang.


Berawal dari ketertarikan saya terhadap dunia grafis yang menurut saya menarik untuk didalami sebagai refreshing dari kebosanan kegiatan perancangan di kampus yang monoton.

Akhirnya iseng-iseng apply sebagai intern graphic design di Studio Sae, Yang awalnya pesimis ternyata mengagetkan, karena berkesempatan menjadi bagian dari magangersae secara online di tim graphic design/creative selama 3 bulan.


Menjadi Team GD banyak tantangan yang baru di setiap minggunya, Pada bulan pertama Saya bertanggung jawab dalam konten acara webinar SKLAS Serie 06, yang ternyata acara webinar ini merupakan kegiatan rutin dari Studio Sae setiap akhir bulan untuk mahasiswa dan umum secara gratis, Tantangannya adalah bahwa setiap serie memiliki tema, speaker dan cerita yang unik untuk diangkat, maka konten-kontennya juga harus bisa menyesuaikan tema selain itu juga mengasah kemampuan copywriting untuk berbagai konten SKlas. Untungnya saya tidak bekerja sendiri, saya ditemani oleh teman intern graphic design yang juga banyak mengajarkan saya baik tools, hacks dan bahkan tugas kuliah saya.


Pada bulan berikutnya sudah mulai switch workload untuk konten-konten di social media seperti instagram, youtube dan berbagai platform website dimana banyak mengenalkan pada tools-tools dan software yang baru. Selain mendapat workload baru setiap minggunya, Saya bersama partner magang GD mendapatkan kesempatan untuk branding portal Saeyembara dimana bagi saya ini sangat seru dan menarik, melalui asistensi demi asistensi bareng mas tomy & mba elsya hingga menghasilkan branding Saeyembara yang menurut saya cakeup. Pada prosesnya juga nggak mudah ada berbagai diskusi dan mengutak-atik apa itu media sayembara dan mengolahnya dengan pemikiran, hingga diskusi output produk yang bermacam-macam seperti virtual exhibition atau buku dan lain-lainnya.


Hingga pada bulan terakhir menyusun brand guidelines dan implementasinya untuk berbagai social media, Lalu nggak lupa setiap beberapa minggu juga ada sesi sharing bareng team creative untuk membagikan ilmu design yang mengajarkan aspek-aspek dan teori design yang keren dari mba Elsya selaku head divisi Creative, banyak hal-hal fundamental dalam design yang kaya dan bisa saya dapatkan secara gratis (seperti grid, teori font, layouting, dan masih banyak lagi dehh)



Dan akhirnya bagi saya program magang di Studio Sae merupakan tempat yang tepat untuk belajar lebih dan menambah pengalaman baik dalam bidang arsitektur dan non-arsitektur serta dalam aspek-aspek kehidupan. Skuyy magang jadi GD!



Last but not least saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh staff Studio Sae beserta pihak-pihak lainnya dan mba Elsya yang sudah banyak memandu dan mengajarkan apa itu design graphic serta ilmu-ilmu yang saya dapatkan selama 3 bulan ini. Semoga kita bisa berjumpa lagi dalam perjalanan-perjalanan selanjutnya!



Salam,

Lukas Suryanata.

Universitas Kristen Petra Surabaya

#MagangersGD


71 views0 comments