"Tumbuh" Adalah Bagian dari Ceritaby by Bima Surya L, #Magangersae05

Updated: Sep 15




Haloo…. Perkenalkan nama saya Bima dari jurusan arsitektur UNS. Saya menjadi anak Magangersae batch 5, banyak cerita yang dilewati tapi kali ini saya akan bercerita seperti judul saya diatas dimulai dari kata “tumbuh”. Selama magang 3 bulan tepatnya pada bulan februari-april 2020, banyak hal telah dilewati sama halnya seperti pohon yang tumbuh kalian akan merasakan bagaimana bertumbuh dan mendapatkan pengalaman yang baru di studio ini. Tiga bulan yang telah dilewati terasa begitu cepat tidak terasa cerita tawa dan suka duka silih berganti mengisi hari untuk saya bertumbuh selama magang.





Bagian awal dari sepenggal cerita bertumbuh dimulai dari minggu pertama kalian seperti yang lainnya, kalian akan merasakan masa orientasi dimana nantinya kalian akan mulai belajar mewarnai denah sampai dengan mendesain 3D di sketchup yang sesuai dengan studio ini. Kalau kalian merasa masih cupu ga masalah kok, yang pasti nanti ada mas Alvin dan mba indi sebagai koordinator magang yang bantuin kalian belajar dengan sabar. Paling penting ketika kalian mau bertumbuh jangan pernah takut bertanya apa yang kalian ga tau selama proses orientasi ini. Supaya diminggu depan kalian lebih siap dengan projek yang lebih sulit.



Jajan sore


Proses bertumbuh selanjutnya jangan lupa untuk berkenalan dan berteman dengan teman magang kalian yang kocak-kocak. Saya akan mulai becerita dari temen-temen magang saya mulai dari foto sebelah kanan-kiri. Disini saya merasa banyak mendapat bantuan dari mereka terutama untuk Yola teman magang yang bantuin nugas malem dan ngajarin render yang bener. Wah.. yang pasti makasih banyak yah Yola sukses buat skripsinya. Ada Raisa dan Bunga ini anak magang gaul ala djakartaa… super kocak kalau mereka debat atau pas lagi dikatai mas Alvin. Kemudian ada jacob dan ashir(pegang kamera) mereka anak magang dari india temen ngobrol kalau pas balik kosan yang pasti mereka seru juga. Teman magang kalian bisa menjadi penyemangat dan membantu kalian belajar dari pengalaman mereka juga selama di studio, jadi jangan lupa saling mengenal dan saling membantu satu sama lainnya yah….



Acara S.Talk Vol.1




Pada minggu-minggu berikutnya kalian bakal ketemu event yang berbeda-beda dari Magangersquiz sampe dengan nonton film bareng. Event-event ini membantu kalian belajar mengeksplorasi pengetahuan arsitektur dari tokoh-tokoh arsitek dunia. Sekaligus sekedar refreshing ketika mulai suntuk bekerja didalam studio, yang pasti seru abiss. Tapi mungkin lebih seru kalau saja ada sesi grup-grup atau games kecil untuk penonton yang datang sekedar membuat pertanyaan dari masing-masing grup dan pemberian hadiah untuk pemenang games atau pertanyaan yang paling menarik dari grup-grup kecil itu saat sedang membahas suatu topik arsitek. Lumayan jadi ajang berkenalan dengan orang-orang baru juga nih dari luar studio. Siapa tau dapet jodoh dari sana ahahaha….




Studio Sae




Berikutnya ketika kalian bertumbuh kalian perlu dapet siraman air supaya kalian bertumbuh seperti halnya tanaman, lebih tepatnya siraman air dari Mas Ario dan Mas Bamby bukan disiram air beneran yah, tapi siraman pengetahuan buat kalian belajar dari sang ahli nih, Beliau yang mengajarkan kita berproses dari setiap projek arsitek dalam studio ini sekaligus mengenalkan pengetahuan yang ga bakal kalian dapet di tempat kuliah. Selama masa tiga bulan ini saya merasa banyak hal yang saya dapatkan dari projek-projek yang diberikan dan mengucapkan terima kasih kepada beliau.


setelah kalian disiram kalian perlu nutrisi nih nah disini tepatnya jam istirahat siang dan sore kalian bakal dapet nutrisi di ruang tengah tempat makan bersama dengan karyawan di studio ini. Tempatnya bagus dan nyaman untuk bersantai yang pasti menu makan sudah diatur oleh mba yanti, chef dari rumah gerbong. Jangan lupa makan tepat waktu yah, kalau engga makanannya keburu diberesin yang ada nanti kalian ga sempat makan. Tapi kalau kalian liat difoto ini menunya adalah mie buatan mas Roby katanya menu ini legend cuma ada pas lagi hujan dan setahun sekali. Rasanya enak juga, mie dan telurnya dimasak jadi satu mungkin kalau di Jawa dikenal dengan nama “mie nyemek” (sekedar info). Pesannya untuk bagian ini yang penting jangan lupa makan dan lanjut kerja lagi yah…




Mie nyemek mas Roby




Sepenggal cerita berikutnya mengenai setiap tanaman yang tumbuh pasti akan lewati badai disetiap perjalanan waktunya. Di penghunjung akhir bulan maret, kebersamaan dalam studio ini dipisahkan oleh pandemik kami anak magang bekerja di kosan atau rumah masing-masing. Studio mengeluarkan aturan baru dan cara berkerja baru melalui sistem online. Setiap hari kerja akan ada briefing jam 9 pagi untuk membahas yang akan dikerjakan seharian. Tidak ada lagi acara ngobrol santai atau makan bareng, yang ada kami hanya akan fokus pada kerjaan yang diberikan dan tugas masing-masing orang. Pandemik memang merubah cara bekerja tetapi melalui pandemik ini saya belajar menghargai waktu dan kebersamaan dari setiap orang yang ada disekitar saya.



Penyemprotan disinfectant Studio Sae saat pandemi Covid-19



Begitulah cerita singkat ini semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen magang lain, akhir kata saya ingin minta maaf apabila ada salah kata atau yang dilakukan dan berterima kasih kepada mas Tomy dan mas Ryan untuk kesempatan belajar dari projek arsitek yang diberikan, terima kasih juga untuk mba Indi dan mas Alvin sebagai koordinator magang yang mengajari dasar-dasar mendesain, terima kasih untuk mas Santos ilmu printing 3D dan Mas Supar untuk tebengan kalau pas ketemu pagi-pagi, terima kasih untuk Cahyo akhirnya bisa survei keluar dari studio di Auto2000, Makasih juga untuk elvin temen magang pas WFH, safio makasih juga tetep semangat broo…




Screenshot farewell Bima



makasih untuk Reinhard, mba Dane, mas Adryan yang pasti terima kasih banyak untuk seluruh anggota keluarga Studio Sa_e atas kesempatan magang dan cerita singkat yang diberikan dalam perjalanan magang saya ini.





Surya Bima L. Magangersae #5 dari UNS Solo




#magangersae #wongsae #studiosae

2020.    PT Saketi Adyana Estu