SKlas Serie 9: "JIS: Stadion Multifungsi Bertaraf Internasional dan Berwawasan Lingkungan"

Updated: Feb 18



Jakarta, 20 Januari 2022 — Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadion baru yang berlokasi di Tanjung Priok Jakarta Utara yang bersebelahan langsung dengan kawasan taman BMW dan kawasan Waduk Sunter. JIS ini merupakan mega proyek terbesar di indonesia dengan bangunan olahraga yang mampu mewadahi penonton sebanyak 82.000 orang. JIS merupakan proyek dari realisasi hasil juara sayembara yang dijuarai oleh konsultan arsitektur PDW Architect.


Olahraga khususnya sepak bola merupakan elemen yang tidak terpisahkan dari Jakarta. Kebanggaan Jakarta akan tim kesayangannya adalah pemersatu dari warga Jakarta itu sendiri. Sudah sepantasnya kebanggan tersebut terus dapat diakomodasi melalui infrastruktur olahraga yang juga mumpuni tentunya. JIS telah menjadi ikon baru Indonesia bagaimana suatu infrastruktur sarana olahraga direncanakan. Tentunya dengan mengantisipasi isu-isu masa depan seperti massa lingkungan, iklim, dan juga ruang publik kota. Selanjutnya, keberlanjutan dan keterlibatan masyarakat seharusnya menjadi jawaban atas pertanyaan mengenai dampak pengembangan kawasan yang masif ini.



Sesi diskusi SKlas Serie #09 dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting karena keadaan masih pandemi sehingga protokol kesehatan harus tetap dilakukan. Partisipan yang hadir berjumlah 228 orang, dimana angka tersebut kurang dari jumlah pendaftar yang masuk yaitu 241 orang. Walau begitu, para partisipan baik pembicara dan pendengar tetap antusias dalam diskusi kali ini. Para pendengar juga banyak memberikan respon dan pertanyaan kepada para pembicara baik soal desain maupun aspek-aspek lain sehingga diskusi menjadi lebih kaya. Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang hadiah di SKlas Serie #09 kali ini dan juga foto bersama.


Yuk tonton recap diskusinya di bawah!

Untuk membaca hasil QnA session dari para Teman Berbagi, bisa kunjungi tautan berikut ya http://bit.ly/qnasklas9


10 views0 comments