SKlas Serie 10: “Taman Ismail Marzuki: Wajah Baru untuk Pentas Dunia”

Updated: Mar 21



Jakarta, 24 Februari 2022Dalam rangka mengembangkan seni, budaya, dan edukasi di Indonesia khususnya Jakarta, maka diusunglah proyek Revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Konsep dari ruang publik yang baru ini nantinya bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat Jakarta untuk memiliki kebebasan dalam berkumpul, berekspresi, serta berinteraksi dengan semangat yang sama terhadap keberlangsungan lingkungan. Sehingga ke depannya, Taman Ismail Marzuki dapat menjadi wadah “cultural and creative hub” yang mampu mengakomodir kebutuhan zaman serta berkontribusi terhadap meningkatnya peluang ekonomi kreatif di tanah air.



Andra Matin, selaku arsitek dari Revitalisasi TIM mengungkapkan bahwa nantinya TIM akan menjadi wajah baru yang mewadahi kegiatan seni dengan fungsi-fungsi baru baik edukasi maupun komersial. Luky Ismayanti (Direktur Proyek TIM) mengungkapkan bahwa fase revitalisasi TIM dibagi menjadi dua tahap, dimana tahap pertama sudah nyaris mencapai 100% sedangkan tahap kedua sudah hampir menyusul atau rampung. Embi C. Noer selaku penggiat seni menyampaikan bahwa dengan adanya revitalisasi TIM ini diharapkan mampu menyegarkan kembali kawasan TIM yang sudah lama tidak dilirik lagi oleh masyarakat umum dan berharap seniman-seniman dapat berkembang dengan wadah baru ini.



Sesi diskusi SKlas Serie #10 dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting karena pandemi sehingga protokol kesehatan harus tetap dilakukan. Pada serie kali ini juga, SKlas kedatangan moderator tamu yaitu Engel Tanzil yang merupakan seorang founder dari dia.lo.gue Artspace. Partisipan yang hadir berjumlah 213 orang, dimana angka tersebut kurang dari jumlah pendaftar yang masuk yaitu 302 orang. Dari diskusi kali ini, proyek Revitalisasi Taman Ismail Marzuki diharapkan dapat menarik antusiasme masyarakat dan seniman-seniman untuk menjadikan TIM sebagai wadah untuk berekspresi dan pentas seni sampai ke kancah internasional.


Yuk tonton recap diskusinya di bawah!

Untuk membaca hasil QnA session dari para Teman Berbagi, bisa kunjungi tautan berikut ya http://bit.ly/qnasklas10




8 views0 comments