• Admin

SKlas Serie 3: "Gereja Immanuel: Destinasi Religi Jakarta yang Tetap Lestari"

Updated: Feb 18



Jakarta, 17 Juni 2021 — GPIB Immanuel Jakarta terletak di Jalan Merdeka Timur No. 10 Gambir, Jakarta Pusat. Rencananya akan dilakukan revitalisasi yang dimulai pada bulan Juni 2021. Gereja Immanuel Jakarta saat ini berstatus cagar budaya yang ditetapkan melalui keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 45 tahun 1963. Proyek revitalisasi GPIB Immanuel Jakarta ini akan mengundang kolaborasi antara Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan konsultan arsitek, dengan pertimbangan dari tim sidang pemugaran melalui surat rekomendasi pemugaran kepada pihak Gereja Immanuel Jakarta. Proyek revitalisasi mencakup arsitektur dan lanskap gereja.


SKlas Serie 03 yang diadakan pada hari Kamis, 17 Juni 2021 membahas bagaimana proses kolaborasi yang terjadi selama revitalisasi, dan bagaimana desain bisa membawa sebuah kawasan menjadi lebih baik sehingga dapat dijadikan contoh untuk kawasan lainnya. Diskusi kali ini menghadirkan pembicara yaitu Iwan Henry Wardhana (Dinas Kebudayaan DKI Jakarta), Sandhy Sihotang (Bagan Desain), dan juga Rico J. Sihombing (PMHJ Gereja Immanuel Jakarta), dimoderatori oleh Tomy Arief (Studio Sae). Pada seri kali ini, SKlas turut mengundang bapak Dr. H. Dadang Solihin, SE, MA, selaku Deputi Gubernur DKI Bidang Kebudayaan dan Pariwisata sebagai wakil dari Bapak Gubernur untuk memberikan sambutan di awal acara.



Sesi diskusi SKlas Serie 03 dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting karena keadaan masih pandemi sehingga protokol kesehatan harus tetap dilakukan. Partisipan yang hadir berjumlah 92 orang, dimana angka tersebut kurang dari jumlah pendaftar yang masuk yaitu 145 orang. Walau begitu, para partisipan baik pembicara dan pendengar tetap antusias dalam diskusi kali ini. Para pendengar juga banyak memberikan respon dan pertanyaan kepada para pembicara baik soal desain maupun aspek-aspek lain sehingga diskusi menjadi lebih kaya. Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang hadiah di SKlas Serie 3 kali ini dan juga foto bersama.


Yuk tonton recapnya di sini!



0 views0 comments